RENCANA PELAKSANAAN PEMEBELAJARAN SMP (K13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMP Pulau Nasi
Mata Pelajaran                       : Penjasorkes
Kelas/ Semester                     : VII/Satu
Materi Pokok                          : Tenis Meja
Alokasi Waktu                       : 2 pertemuan  (6 JP)

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,   gotong royong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1 Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga, dicerminkan dengan:
         a.     Pembiasaan perilaku berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
         b.     Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan hasil akhir
1.   Memanjatkan doa sebelum dan sesudah    pelajaran
2.   Jika belum mencapai target belajar, tetap bersyukur dan terus berlatih
2
2.1    Berperilaku sportif dalam bermain.

3.   Mengikuti peraturan permainan
3
3.1  Memahami konsep keterampilan gerak  fundamental permainan bola besar.
4.   Menjelaskan  cara pegangan bed tenis meja
5.   Menjelaskan cara memlai permainan
6.   Menjelaskan cara pukulan backhand dan forehand
4
4.1  Mempraktikkan teknik dasar permainan bola besar dengan menekankan gerak dasar fundamental.
7.   Memegang bed pingpong
8.   Melakukan servis
9.   Memukul bola backhand dan forehand





C.       Tujuan Pembelajaran  

               Tujuan pertemuan 1 :
1.    Peserta didik berdoa sebelum dan sesudah pelajaran dengan baik
2.    Peserta didik mengikuti peraturan permainan tenis meja dengan baik
3.    Peserta didik dapat menjelaskan cara memegang bed tenis meja dengan berbagai macam teknik
4.    Peserta didik dapat menjelaskan  cara melakukan servis dengan benar
5.     Peserta didik dapat melakukan pukulan backhand dengan benar

Tujuan  pertemuan 2:
1.    Peserta didik berdoa sebelum dan sesudah pelajaran dengan baik
2.    Peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran dengan sungguh-sungguh
3.    Peserta didik mengikuti peraturan permainan Tenis Meja dengan baik
4.    Peserta didik dapat menjelaskan  cara melakukan pukulan forehand dengan benar
5.    Peserta didik dapat memvariasikan servis dengan benar
6.    Peserta didik dapat memvariasikan pukulan backand dan forehand dengan benar
7.    Peserta didik dapat menggiring bola dengan berbagai macam bagian kaki dengan benar

D.      Materi Pembelajaran 
1.        Pertemuan 1
a.       Teknik pegangan
b.       Teknik servis 
c.       Teknik backhand
2.        Pertemuan 2
a.       Teknik forehand
b.       Teknik variasi servis
c.        Teknik variasi backhand dan forehand


E.        Metode Pembelajaran
1.        Pembelajaran Kooperatif
2.        Pembelajaran Langsung

F.        Sumber Belajar
1.                                                                            Video Permainan tenis meja
2.                                                                            Buku permainan bola kecil


G.      Media Pembelajaran
                  1.     Media
Meja tenis meja SMP Pulau Nasi
Aula

                  2.     Alat dan bahan
Bola tenis meja 10
Net
Kardus
Bed tenis meja modifikasi


Lembar kerja siswa


H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran       

Pertemuan Pertama
a.        Pendahuluan  (25 menit)
1. Berbaris
Peserta  didik dibariskan 2-4 bersaf, peserta didik yg tinggi di sebelah kanan
2. Presensi
Mengecek kehadiran peserta  didik dan menanyakan kesehatan peserta didik secara umum
3. Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
4. Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara:
a.    Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
b.    Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
5. Pemanasan
Menugaskan peserta didik untuk melakukan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan. Diupayakan gerakan pemanasan lebih banyak difokuskan pada pemanasan tangan dan kaki dengan menggunakan game, caranya:
Peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok untuk melakukan permainan lempar tangkap bola.

b.        Kegiatan inti (80 menit)
Mengamati
1.    Mengamati penjelasan konsep dan contoh teknik dasar pegangan, servis, dan backhand dengan cara:
a)     Peserta didik dibariskan dua bersaf, baris belakang bergeser ke kanan sedikit sehingga memungkinkan masing-masing dari mereka dapat melihat dengan baik contoh gerakan yang disajikan oleh guru.
b)     Peserta didik diminta untuk mengamati dan mencatat ada berapa indikator kesempurnaan yang ditemukan pada gerakan tersebut.

Menanya
2.    Mempertanyakan teknik dasar pegangan, servis dan pukulan backhand yang benar supaya hasilnya dapat maksimal.
Pada akhir episode penjelasan gerak dan demo dari guru, peserta didik diberi kesempatan untuk menanya pada guru terkait dengan kejelasan dari (1) tujuan gerakan, (2) prosedur gerakan, dan (3) prasarat kemampuan.

Mengeksplorasi
3.    Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh.
Arena dibagi menjadi 5. Masing-masing wilayah digunakan oleh 8 peserta didik menghadap ke arah tembok. Di tiap-tiap wilayah disediakan 1 bola. Di masing-masing kelompok peserta didik melakukan eksplorasi tujuan dan cara yang tepat untuk memegang bed, melakukan servis, dan pukulan backhand.
Cara yang digunakan adalah tiap kelompok diminta melakukan 1 macam teknik pegangan, 1 macam teknik servis dan pukulan backhand. Setelah diketahui tujuan, prosedur, dan persyaratanya, mereka diminta untuk mencari 1 bentuk pegangan, melakukan servis dengan cara yang lain. Cara ini diupayakan diketahui tujuan, prosedur, dan persyaratanya, dan seterusnya hingga mereka mampu mengeplorasi sebanyak-banyaknya cara pegangan dan melakukan servis. Hasil temuan tiap-tiap kelompok yang berupa macam cara pegangan dan melakukan servis dicatat untuk dilaporkan kepada guru dan atau dipresentasikan ke kelompok lain.

Berikut adalah contoh bentuk menedang dan menghentikan bola yang mungkin dilakukan oleh tiap-tiap kelompok:
a)      Peserta didik melakukan teknik pegangan dengan tangan berada di ujung bed tenis meja
b)      Peserta didik melakukan teknik pegangan dengan tangan berada dekat dengan muka bed tenis meja.
c)      Peserta didik melakukan servis dengan memukul bagian bawah bola tenis meja.
d)     Peserta didik melakukan servis dengan memukul bagian atas bola.
e)      Peserta didik melakukan servis dengan memukul bagian pertengahan bola
f)       Peserta didik melakukan pukulan backhand dengan bagian bawah bola
g)      Peserta didik melakukan pukulan backhand dengan bagian atas bola
h)     Peserta didik melakukan pukulan backhand dengan bagian pertengahan bola
i)        Peserta didik melakukan pukulan backhand bergantian dengan perpindahan tempat ditentukan oleh masing-masing kelompok belajar (berkelompok).

Mengasosiasi
4.    Menganalisa hasil temuan kelompok menggunakan format yang disediakan oleh guru. Peserta didik tetap bekerja dalam kelompok masing-masing. Setiap kelompok difasilitasi guru dengan lembar pengamatan dan lembar penilaian memegang bed, melakukan servis, dan pukulan backhand. Masing-masing gerakan yang berhasil ditemukan, diminta dilakukan ulang oleh masing-masing anggota kelompok dan dinilai menggunakan format dari guru. Cara dan hasil yang ditulis dalam format diserahkan sepenuhnya pada hasil diskusi dalam kelompok. Lembar pengamatan yang sudah dipandang terisi lengkap dan sempurna oleh dalam masing-masing kelompok, selanjutnya dimintakan konfirmasi kepada guru dengan menggunakan format berikut.

Lembar pengamatan pegangan dan servis
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Letak pegangan




3.
Ayunan tangan




4.
Arah pukulan bola




      
   Kesimpulan: .....................................................................................................                                  .........................................................................................................
         
Rencana lanjut: ................................................................................................
                                      .....................................................................................          


Lembar pengamatan pukulan backhand
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Ayunan tangan




3.
Posisi tangan




4.
Arah pukulan bola




         Kesimpulan: ..........................................................................................................
                                 ..........................................................................................................
          Rencana lanjut: .....................................................................................................
                                      .....................................................................................................




                                        

Keterangan lembar pengamatan:  skor 1 gerakan salah, skor 2 gerakan benar
        Petunjuk pengisian kesimpulan:
No
Rentang skor
Kategori
Diskripsi
1
1 s.d 2
Salah
Melihat hasil pengamatan
2
3 s.d 4
Mendekati salah
Melihat hasil pengamatan
3
5 s.d 6
Mendekati benar
Melihat hasil pengamatan
4
7 s.d 8
Benar
Melihat hasil pengamatan





Mengkomunikasikan
5.    Paparan kelompok tentang hasil temuan dan penilaian pegangan, servis, dan pukulan backhand
a)        Pada sesi ini, guru memberi kesempatan bergiliran pada masing-masing kelompok untuk memaparkan temuan mereka kepada guru dan kelompok lain.
b)        Kelompok lain diminta untuk mencatat kesan dan tanggapan terhadap temuan yang ditampilkan.
c)         Setelah 4 kelompok selesai memaparkan, tiap-tiap kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan mereka masing-masing.
d)        Kegiatan ini diakhiri dengan tanggapan, simpulan umum, apresiasi dan pemberian motivasi dari guru.

c.         Penutup (15 menit)
1.  Penenangan (cooling down)
Setelah selesai kegiatan inti, peserta  didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh peserta  didik
2.Kesimpulan
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
3.Penilaian
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
4.Refleksi dari guru dan peserta didik
6.    Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang materi pembelajaran pegangan, servis, dan pukulan backhand
7.    yang mereka pelajari dari sisi fungsi berbagai pegangan, servis, dan pukulan backhand kemudian guru memberi penekanan dari hasil yang disampaikan peserta didik
5.Tindak lanjut dan penjelaskan materi minggu depan
Guru memberikan tugas melakukan latihan drill pukulan backhand dengan pantulan tembok selama 30 menit dan menghitung jumlah pukulan yang benar
6.Berdoa
Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
7.Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.


2.        Pertemuan 2
a.        Pendahuluan  (25 menit)
1. Berbaris
Peserta  didik dibariskan 2-4 bersaf, peserta didik yg tinggi disebelah kanan
2. Presensi
Mengecek kehadiran peserta  didik dan menanyakan kesehatan peserta didik secara umum
3. Berdoa
Peserta didik dipimpin berdoa sesuai dengan kepercayaan dan agama masing-masing
4. Apersepsi
Guru membuka pelajaran untuk membangkitkan motivasi peserta didik dengan cara:
a)      Mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari guna mengetahui seberapa jauh kompetensi awal peserta didik pada materi yang akan dipelajari sekaligus untuk mengaitkan materi pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
b)      Menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi yang akan dipelajari
5. Pemanasan
8.    Menugaskan peserta didik untuk melakukan penguluran (Stretching) yang dimulai dari gerakan kepala menuju ke arah kaki, dengan hitungan masing-masing bagian item gerakan 2 x 8 hitungan yang dilanjutkan dengan mengulang materi pegangan, servis, dan pukulan backhand dengan cara:
a)       Peserta didik melakukan pukulan bergantian ke tembok yang sudah ditentukan (berkelompok).

b.         Kegiatan inti (80 menit)
Mengamati
1.     Mengamati penjelasan konsep dan contoh teknik dasar pukulan backhand dan forehand
a)      Peserta  didik berbaris kembali dua bersaf yang tinggi sebelah kanan, dan diistirahatkan.
b)      Peserta  didik mendengarkan penjelasan dan contoh dari guru. Contoh dari gambar yang dipersiapkan guru.

Menanya
2.    Pada akhir penjelasan dan contoh dari guru peserta didik diberi kesempatan bertanya mengenai  teknik dasar pukulan forehand  yang benar supaya hasilnya dapat maksimal.

Mengeksplorasi
3.    Mempraktikkan atau latihan teknik dasar sesuai konsep dan contoh, peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok. Setiap anak memegang 1 bed dan 1 bola tenis meja. Caranya masing- masing kelompok melakukan kegiatan:
a)      Setiap anak melakukan pukulan forehand ke arah tembok sebanyak 2 kali, bergantian oleh teman dibelakangnya.
b)      Setiap anak melakukan pukulan forehand ke arah tembok sebanyak 5 kali, bergantian oleh teman dibelakangnya.
Setelah selesai melakukan pukulan ke tembok dibentuk 4 kelompok berhadap-hadapan, melakukan kegiatan :
a. Melakukan pukulan backhand berhadapan dengan kelompok yang lain
b. Melakukan pukulan forehand berhadapan dengan kelompok yang lain
c. melakukan variasi pukulan forehand dan backhand berhadapan dengan kelompok lain.




c. Melakukan kombinasi teknik dasar servis, backhand dan forehand (berkelompok)
                                                                                    
Mengasosiasi
4.    Membagi 4 kelompok belajar untuk mempraktikkan teknik dasar servis, backhand dan forehand sesuai konsep untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dengan cara:

Peserta didik melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri,  dengan cara menuangkan dalam lembar pengamatan. Yang dilakukan teman sejawat dan dikonfirmasi guru.

Lembar pengamatan menggiring bola
No
Fokus yang diamati
Cek ( √ ) Sejawat
Cek ( √ ) Guru
1
2
1
2
1.
Sikap awal




2.
Posisi tubuh




3.
Awalan




4.
Arah pukulan




          Kesimpulan: ..........................................................................................................
                                  .........................................................................................................
          Rencana lanjut: .....................................................................................................
                                      .....................................................................................................          

Keterangan lembar pengamatan:  skor 1 gerakan salah, skor 2 gerakan benar

        Petunjuk pengisian kesimpulan:
No
Rentang skor
Kategori
Diskripsi
1
1 s.d 2
Salah
Melihat hasil pengamatan
2
3 s.d 4
Mendekati salah
Melihat hasil pengamatan
3
5 s.d 6
Mendekati benar
Melihat hasil pengamatan
4
7 s.d 8
Benar
Melihat hasil pengamatan



Peserta didik yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktunya.
Peserta didik yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi.

Mengkomunikasikan
5.    Bermain
Peserta didik bermain tenis meja dengan peraturan yang dimodifikasi, menggunakan teknik dasar servis, backhand dan forehand untuk memasukan bola ke dalam kardus lawan dengan arahan guru.
Peserta didik saling berkompetisi dengan bimbingan guru yang menang mendapatkan apresiasi dari guru berupa pernyataan “hebat” (bisa juga berupa ucapan selamat, hadiah atau yg lainnya),  sedangkan yang kalah dimotivasi untuk lebih giat dalam latihan.

c.         Penutup (15 menit)
1.  Penenangan (cooling down)
Setelah selesai kegiatan inti, peserta  didik dikumpulkan, melakukan stretching yang dipimpin oleh peserta  didik
2.Kesimpulan
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari seluruh proses pembelajaran yang telah selesai
3.Penilaian
Guru membuat penilaian terhadap keberhasilan proses pembelajaran secara transparan
4.Refleksi dari guru dan peserta didik
Guru dan peserta didik melakukan refleksi apa yang telah dicapai dan belum dicapai sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
5.Tindak lanjut dan penjelaskan materi minggu depan
Guru memberikan tugas yang terkait dengan pembelajaran hari ini dan sekaligus memberi penjelaskan untuk materi yang perlu dipelajari dan akan dipelajari pada pertemuan minggu depan.
6.Berdoa
Guru menugaskan salah satu peserta didik untuk memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.
7.Kembali ke kelas dengan tertib dan tepat waktu.
Peserta didik kembali ke kelas yang dilakukan dengan tertib, bagi peserta didik yang bertugas mengembalikan peralatan ke tempat semula.








I. Penilaian

3.        Sikap spiritual
a.        Teknik Penilaian  : Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.         Kisi-kisi:
No.
Indikator penilaian sikap
Butir Instrumen
1.

2.
Memanjatkan doa sebelum dan sesudah pelajaran
Jika belum mencapai target belajar tetap bersyukur dan terus berlatih
1

2

Rubrik Penilaian:  lihat Lampiran 1

4.        Sikap sosial

a.        Teknik Penilaian  : Observasi
b.        Bentuk Instrumen: Lembar observasi
c.         Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Menunjukan perilaku sportif dalam bermain tenis meja
1


Rubrik Penilaian:  lihat Lampiran 1


5.        Pengetahuan
                                   a.            Teknik Penilaian  : tes tertulis
                                   b.            Bentuk Instrumen: tes uraian
                                   c.            Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Menjelaskan  cara servis
1
  1.  
Menjelaskan cara memukul backhand
2
  1.  
Menjelaskan cara memukul forehand
3






6.        Keterampilan
a.        Teknik Penilaian  :  tes praktek
b.        Bentuk Instrumen:  daftar cek
c.         Kisi-kisi:
No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Butir Instrumen
  1.  
Melakukan servis
1
  1.  
Memukul backhand
2
  1.  
Memukul forehand
3

               





                                                                                                        
Mengetahui                                                               
Kepala SMP.....                                                                       Guru Mata Pelajaran



________________________                                                            _________________________
NIP. ...                                                                                    NIP. ...



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENJELASAN TENTANG RETREAT

TATA IBADAH PERSEKUTUAN PEMUDA GEREJA PROTESTAN INDONESIA DI PAPUA

PROPOSAL BANTUAN STUDI AKHIR