RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (SMP)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Aspek
: Permainan dan Olahraga
Kelas/Semester :
IX/ Ganjil
Alokasi
Waktu : 8 jam
(4 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1.
Mempraktikan
berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik
dasar salah satu permainan dan
olahraga beregu bola besar lanjutan
dengan koordinasi yang baik serta
nilai
kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi
tempat dan
peralatan**)
C. Indikator
GANJIL
Variasi
dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola
mengunakan
kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak
kaki dengan koordinasi yang baik
|
Variasi
dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola dengan
punggung kaki dan koordinasi yang baik
|
Bermain dengan peratu ran
yang dimodifikasi
untuk memupuk kerja sama dan toleransi
|
Variasi
dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah bola voli
dengan koordinasi yang baik
|
Variasi kobinasi teknik dasar passing atas, bawah
dan smash tampa awalan
dengan koordinasi yang baik
|
Bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi
untuk
memu puk kerja sama
|
Kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala) dengan
koordinasi yang baik
|
Kombinasi teknik dasar mengiring, shooting (dengan dua tangan dari atas
depan kepala) dan lay-up shoot dengan
koordinasi yang baik
|
Bermain dengan peraturan yang dimodi fikasi untuk memupuk kerja sama
|
D. Tujuan Pembelajaran
1. Permainan Sepakbola (Lanjutan)
·
Siswa
dapat melakukan berbagai teknik menendang, menghentikan dan menyundul bola
dengan konsisten dan tepat dalam berbagai situasi
·
Siswa
dapat menendang dan menggiring bola sesuai ukuran waktu dan ruang
E.
Materi Pembelajaran
Sekolah guru
dan siswa dapat memilih salah satu materi pokok yang dapat dilakukan di
sekolah, yakni :
- Permainan
sepakbola
F. Metode
·
Penugasan,
Pendekatan CTL
G. Sumber dan Media Pembelajaran
- Media cetak
- Media
elektronik (TV, CD, dll)
- Media
lingkungan (mengundang Pemain Sepakbola/Voli/Basket sebagai pemain
Nasional /Klub untuk memperagakan teknik permainan)
H. Strategi Pembelajaran
1. Permainan Sepakbola
1.
Pertemuan I dan II
- Membariskan, berdoa, presensi, apersepsi, dan
pemanasan
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
- Melakukan berbagai teknik menendang,
menghentikan dan menyundul bola dengan konsisten dan tepat dalam berbagai
situasi
- Pendinginan,
berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa
dibubarkan
2.
Pertemuan III dan IV
·
Membariskan, berdoa, presensi, apersepsi, dan
pemanasan
·
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
·
Menendang dan menggiring bola sesuai
ukuran waktu dan ruang
·
Pendinginan,
berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa
dibubarkan
I. Penilaian
1.
Jenis Tagihan
a.
Tes (Kuis, Tes Harian)
b.
Non
Tes (observasi, angket, wawancara, tugas, proyek, portofolio)
2.
Bentuk Instrumen
·
Rubrik penilaian
3.
Butir Instrumen/Soal
a.
Permainan sepakbola (Aspek Permainan dan Olahraga)
·
Unjuk
kerja
1) Lakukan teknik menendang, menghentikan dan
menyundul bola dalam berbagai situasi
¬
Bergerak maju – mundur
¬
Bergerak menyamping
2) Lakukan teknik menendang dan menggiring
bola sesuai ukuran waktu dan ruang
¬ Menggiring zig-zag lalu menendang bola kea
rah sasaran (gawang)
·
uraian
singkat
1)
Posisi pergelangan kaki yang benar saat menendang bola
dengan kaki bagian luar adalah …
2)
Posisi telapak kaki yang benar saat menghentikan bola
dengan telapak kaki adalah …
3) Posisi berat badan yang benar setelah
menendang bola adalah …
·
Pilihan
ganda
Pilih salah satu jawaban yang benar !
1) Posisi pergelangan yang benar saat teknik
menendang dengan kaki bagian luar, adalah …
a
diputar
ke dalam c. disilang ke belakang
b
ditekuk
ke bawah d. diputar ke luar
2) Bentuk gerakan kaki saat melakukan teknik
mengiring bola adalah gerak …
a
mendorong ke
arah bola c. mengayun ke arah bola
b
memukul ke
arah bola d. memutar ke arah bola
Catatan : Untuk lebih jelasnya
soal pilihan ganda dapat dilihat pada LKS
Mengetahui
Kepala Sekolah
...........................................
|
Jayapura, . . . .
. . .
Guru Mata Pelajaran
Milton
Waer
NIM.
0121140091
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Aspek
: Permainan dan Olahraga
Kelas/Semester :
IX/Ganjil
Alokasi
Waktu : 6 Jam Pelajaran ( 3 x pertemua )
A. Standar
Kompetensi
2. Memperagakan teknik dasar permainan dan
olahraga berdasarkan konsep yang benar dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya.
B. Kompetensi
Dasar
2.1 Mempraktikkan kombinasi teknik dasar salah
satu permainan dan olahraga beregu
bola
kecil lanjutan dengan tepat serta
nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian,
menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
C. Indikator
GANJIL
Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand
dan backhand untuk melakukan servis
dan pukulan forehand serta backhand
dengan tepat
|
Bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi
|
Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk
melakukan servis dan pukulan forehand
serta backhand dengan tepat
|
Bermain
dengan peraturan yang dimodifikasi.
|
Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (memegang
raket,servis dan pukulan)
|
Bermain
tenis dengan peraturan yang
dimodifikasi
|
Melakukan
variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (memegang
bat,melempar tangkapan dan pukulan)
|
Bermain dengan peraturan yang
dimodifikasi
|
D.
Tujuan Pembelajaran Khusus
1.
Permainan Bulutangkis / Tennis / Tenis
Meja (Lanjutan)
·
Siswa
dapat mengidentifikasi saat yang tepat untuk melakukan penyerangan dan
pertahanan
·
Siswa
dapat mengubah kecepatan dalam penyerangan dan mengetahui apa yang harus
dilakukanuntuk mencetak angka dengan menggunakan teknik dasar pukulan
E.
Materi Pokok
Sekolah
guru dan siswa dapat memilih salah satu materi pokok yang dapat dilakukan di
sekolah, yakni :
·
Bulutangkis
/ Tennis / Tenis Meja
F.
Metode
·
Penugasan,
Pendekatan CTL
G.
Sumber dan Media Pembelajaran
·
Media cetak
·
Media
elektronik (TV, CD, dll)
·
Lingkungan
H.
Strategi Pembelajaran
1. Permainan
Bulutangkis / Tennis / Tenis Meja
·
Pertemuan I,II dan III
¬
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan
pemanasan
¬
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
¬ Mengidentifikasi
saat yang tepat untuk melakukan penyerangan dan pertahanan
¬ Mengubah
kecepatan dalam penyerangan dan mengetahui apa yang harus dilakukan untuk
mencetak angka dengan menggunakan teknik dasar pukulan
¬ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan
I. Penilaian
1. Jenis Tagihan
a.
Tes (Kuis, Tes Harian)
b.
Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas
terstruktur, proyek, portofolio)
2.
Bentuk Instrumen
·
Rubrik penilaian
3.
Butir Instrumen/Soal
a.
Permainan Bulutangkis / Tennis / Tenis Meja
·
Unjuk
kerja
1) Lakukan identifikasi yang tepat untuk
melakukan penyerangan dan pertahanan (Bulutangkis / Tennis / Tenis Meja) !
2) Lakukan perubahan kecepatan saat melakukan
penyerangan untuk mencetak angka dengan menggunakan teknik dasar pukulan.
(Forehand, backhand dan smash)
·
Uraian
singkat
1)
Posisi telapak tangan yang memegang raket / bat saat
memukul dengan teknik pukulan forehand, adalah …
2) Posisi telapak tangan yang memegang
raket/bat saat memukul dengan teknik pukulan backhand, adalah …
·
Pilihan
ganda
Pilih salah satu jawaban yang benar !
1)
Pukulan yang digunakan untuk mematikan lawan dalam
permainan bulutangkis/tennis/tenis meja adalah …
a
lab c. smash
b
drop d. cop
2) Posisi bahu yang benar saat melakukan
pukulan backhand, adalah …
a.
menghadap arah gerakan
b.
menyamping arah gerakan
c.
membelakangi arah gerakan
d.
menyilang arah gerakan
Mengetahui
Kepala Sekolah
...........................................
|
Jayapura, . . . .
. . .
Guru Mata Pelajaran
Milton
Waer
NIM.
0121140091
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Aspek
: Permainan dan Olahraga
Kelas/Semester :
IX/Ganjil /Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam (3 x pertemuan)
·
Standar
Kompetensi
3. Memperagakan teknik
dasar permainan dan olahraga berdasarkan konsep yang benar dan nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya.
·
Kompetensi
Dasar
3.1 Mempraktikkan teknik dasar atletik
lanjutan serta nilai toleransi, percaya
diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)
Indikator
Ganjil
·
MelakukanTeknik dasar start, lari dan finish secara
berpasangan atau kelompok
|
·
Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang
dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian
|
D. Tujuan
Pembelajaran Khusus
1. Lompat Jauh Gaya Jalan di Udara (Lanjutan)
·
Siswa
dapat melakukan berbagai teknik lompat jauh dengan power yang baik, dengan
menekankan pada
¬
Awalan
¬
Tolakan
¬
Gerakan di udara
¬
Mendarat
E. Materi
Pokok
Sekolah guru
dan siswa dapat memilih salah satu materi pokok yang dapat dilakukan di
sekolah, yakni :
- Lompat Jauh Gaya Jalan di Udara
E. Metode
·
Penugasan,
Pendekatan CTL
F. Sumber
dan Media Pembelajaran
- Media cetak
- Media
elektronik (TV, CD, dll)
- Media
lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan
teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)
F. Strategi
Pembelajaran
1.
Lompat Jauh Gaya Jalan di Udara
·
Pertemuan I, II dan III
¬
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan
pemanasan
¬
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
¬
Melakukan
lompat jauh gaya jalan di udara, dengan menekankan pada : awalan, tolakan,
gerakan di udara dan mendarat
¬
Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi
proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan
G. Penilaian
1.
Jenis Tagihan
a. Tes (Kuis, Tes Harian)
b. Non
Tes (observasi, angket, wawancara, tugas terstruktur, proyek, portofolio)
2. Bentuk Instrumen
·
Rubrik penilaian
3. Butir Instrumen/Soal
a.
Lompat Jauh Gaya Jalan di Udara (Aspek Permainan dan
Olahraga)
·
Unjuk
kerja
1)
Lakukan lompat jauh gaya jalan di udara dengan menekankan pada
teknik dasar
¬
Awalan
¬
Tolakan
¬
Di udara dan mendarat
·
Uraian
singkat
1)
Gerak lari awalan yang benar untuk lompat jauh jalan di
udara, adalah …
2)
Arah gerakn menolak yang benar saat melakukan tolakan
untuk lompat jauh gaya
jalan di udara, adalah …
3)
Gerakan kaki yang benar saat di udara pada lompat jauh gaya jalan di udara,
adalah …
·
Pilihan
ganda
Pilih salah satu jawaban yang benar !
1)
Urutan tolakan telapak kaki yang benar pada papan
tumpuan, adalah …
a
tumit
– telapak kaki – ujung telapak kaki
b
ujung
telapak kaki – telapak kaki – tumit
c
telapak
kaki – tumit – ujung telapak kaki
d
tumit
– ujung telapak kaki – telapak kaki
2) Bentuk gerakan kaki yang benar saat di
udara pada lompat jauh gaya jalan di udara, adalah gerak …
a
menendang ke depan secara bergantian
b
menekan ke depan secara bergantian
c
memutar ke depan secara bergantian
d
menekuk ke depan secara bergantian
Catatan : Untuk lebih jelas
soal pilihan ganda dapat dilihat pada LKS
Mengetahui
Kepala Sekolah
...........................................
|
Jayapura, . . . .
. . .
Guru Mata Pelajaran
Milton
Waer
NIM.
0121140091
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Aspek
: Permainan dan Olahraga
Kelas/Semester :
IX/Ganjil /Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam (3 x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
Memperagakan
teknik dasar permainan dan olahraga berdasarkan konsep yang benar dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya.
B.
Kompetensi Dasar
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu
permainan olahraga bela
diri lanjutan dengan benar dan
lancar serta nilai keberanian,
kejujuran, menghormati
lawan dan
percaya diri**)
C.
Indikator
GANJIL
· Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan
benar (kuda-
kuda,
langkah, pukulan dan tangkis)
|
· Melakukan gerak berpasangan (sambungan)
|
· Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat
(gerak
memukul,
tangkis dan menendang)
|
· Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan
tepat
(langkah,jatuh
dan kuncian)
|
· Melakukan gerak berpasangan untuk keberhasilan
keserasian,
tanggung
jawab dan kepercayaan diri
|
D.
Tujuan Pembelajaran Khusus
1. Lempar Lembing Awalan Langkah Jingkat
(Lanjutan)
·
Siswa
dapat melakukan variasi keterampilan gerak dalam olahraga perorangan yang
menggunakan komponen gerak langkah, jatuhan, dalam olahraga beladiri
E.
Materi Pokok
Sekolah guru
dan siswa dapat memilih salah satu materi pokok yang dapat dilakukan di
sekolah, yakni :
- Beladiri
pencaksilat
- Beladiri Karate
- Beladiri Judo
F.
Metode
·
Penugasan,
Pendekatan CTL
G.
Sumber dan Media Pembelajaran
- Media cetak
- Media
elektronik (TV, CD, dll)
- Media
lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan
teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)
H.
Strategi Pembelajaran
1. Beladiri Pencaksilat (Lanjutan)
·
Pertemuan I, II dan III
¬
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan
pemanasan
¬
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
¬
Melakukan
variasi keterampilan gerak memukul dan menendang
¬
Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi
proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan
2. Beladiri
Karate (Lanjutan)
·
Pertemuan I,II dan III
¬
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan
pemanasan
¬
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
¬
Melakukan
variasi keterampilan gerak memukul dan menendang
¬
Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi
proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan
3. Beladiri Judo (Lanjutan)
·
Pertemuan I, II dan III
¬
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan
pemanasan
¬
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
¬
Melakukan
variasi keterampilan gerak langkah dan jatuhan
¬
Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi
proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan
I.
Penilaian
1.
Jenis Tagihan
i.
Tes (Kuis, Tes Harian)
ii.
Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas
terstruktur, proyek, portofolio)
2. Bentuk Instrumen
·
Rubrik penilaian
3. Butir Instrumen/Soal
a
Beladiri Pencaksilat (Aspek Permainan dan Olahraga)
·
Unjuk
kerja
1)
Lakukan variasi keterampilan gerak memukul dan
menendang !
·
Uraian
singkat
1)
Posisi lengan yang benar saat melakukan pukulan depan
tebak adalah …
2)
Posisi lengan yang tidak digunakan memukul, adalah …
·
Pilihan
ganda
Pilih salah satu jawaban yang benar !
1) Sikap kuda-kuda yang benar saat melakukan
pukulan depan tebak, adalah kuda-kuda …
a
depan c. samping
b
belakang d. tengah
2)
Arah gerakan pukulan bandul/colok yang benar adalah
dari …
a
bawah
ke arah atas c. samping ke atas
b
atas ke arah
bawah d. samping ke bawah
b. Beladiri
Karate (Aspek Permainan dan Olahraga)
·
Unjuk
kerja
1)
Lakukan variasi keterampilan gerak memukul dan
menendang
·
Uraian
singkat
1) Posisi telapak tangan saat melakukan
teknik pukulan lurus adalah …
2) Posisi lengan saat melakukan teknik
pukulan lurus, adalah …
·
Pilihan
ganda
Pilih salah satu jawaban yang benar !
1)
Posisi lengan yang tidak digunakan memukul adalah di …
a.
depan dada c. samping pinggang
b.
depan perut d. depan wajah
2) Posisi jari-jari saat memukul adalah
di …
a
renggangkan c. silangkan
b
rapatkan d. luruskan
c
Beladiri Judo (Lanjutan)
·
Unjuk
kerja
1) Lakukan gerak langkah depan-belakang !
2)
Lakukan gerak langkah kiri-kanan !
3) Lakukan gerak jatuh ke depan dan belakang
!
·
Uraian
singkat
1) Tumpuan saat melakukan jatuhan ke depan
adalah …
2) Posisi kedua kaki saat melakukan jatuhan
ke belakang, adalah …
3) Bentuk gerakan kaki yang benar saat
melakukan gerak langkah, adalah …
·
Pilihan
ganda
Pilih salah satu jawaban yang benar !
1) Posisi telapak kaki saat melakukan gerak
langkah adalah …
a
menempel lantai
b
terangkat dari lantai
c
tidak bergeser dari lantai
d
melompat-lompat di lantai
2)
Posisi telapak tangan yang benar saat melakukan teknik
jatuhan ke depan adalah …
a.
menghadap matras
b.
membelakangi matras
c.
menyamping matras
d.
menyilang matras
Catatan : Untuk lebih jelas
soal pilihan ganda dapat dilihat pada LKS
Mengetahui
Kepala Sekolah
...........................................
|
Jayapura, . . . .
. . .
Guru Mata Pelajaran
Milton
Waer
NIM.
0121140091
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Aspek
: Aktivitas Pengembangan
Kelas/Semester :
IX/Ganjil /Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam (3 x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
- Mempraktikan
jenis latihan beban dengan alat sederhana dan nilai-nilai yang terkandung
didalmnya
B.
Kompetensi Dasar
28.1
Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan
|
28.2
Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk
kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan
menggunakan alat
sederhana serta nilai semangat, tanggung jawab,
disiplin, dan percaya diri
|
35.1
Mempraktikkan tes kesegaran jasmani secara
sederhana
|
35.2 Melakukan
iterpretasi secara sederhana hasil tes dalam menentukan derajat
kebugaran
|
C.
Indikator
GANJIL
Melakukan
identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk
badan bagian atas dan bawah)
|
Melakukan
identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian
leher,tangan, lengan,pinggang, lutut
dan kaki)
|
Melakukan
latihan kekuatan dan daya tahan badan
bagia atas mengunakan alat
(bola basket/sepakbola)
|
Melakukan
latihan kekuatan, kecepatan dan daya
tahan badan bagian bawah
mengunakan alat (bangku senam)
|
Melakukan
latihan kecepatan badan bagian bawah
(lomba lari cepat jarak
pendek)
|
D.
Tujuan Pembelajaran Khusus
·
Siswa
dapat melakukan berbagai bentuk latihan yang berhubungan dengan pengembangan
motorik
·
Siswa
dapat melakukan berbagai bentuk latihan yang dihubungkan dengan pengembangan
kapasitas daya tahan jantung, otot dan paru-paru
E.
Materi Pokok
- Pengembangan
komponen kebugaran jasmani (lanjutan)
F.
Metode
·
Penugasan,
Pendekatan CTL
G.
Sumber dan Media Pembelajaran
- Media cetak
- Media
elektronik (TV, CD, dll)
- Media
lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan
teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)
H.
Strategi Pembelajaran
·
Pertemuan I, II dan III
¬
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan
pemanasan
¬
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
¬
Melakukan
bentuk latihan yang berhubungan dengan pengembangan motorik seperti : bentuk
latihan kekuatan, kelenturan dan kelentukan
¬
Melakukan
latihan yang berhubungan dengan pengembangan kapasitas daya tahan, otot dan
paru-paru seperti : latihan Aerobik (Lari jarah jauh, bersepeda, jalan dst)
¬
Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi
proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan
I.
Penilaian
1.
Jenis Tagihan
i.
Tes (Kuis, Tes Harian)
ii.
Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas
terstruktur, proyek, portofolio)
2. Bentuk Instrumen
·
Rubrik penilaian
3. Butir Instrumen/Soal
·
Kebugaran
Jasmani (Aspek Aktivitas Pengembangan)
¬
Unjuk
kerja
1) Lakukan bentuk latihan kekuatan, otot
kaki, tangan, perut dan punggung
2)
Lakukan bentuk latihan kelenturan otot kaki, pinggang,
tangan dan punggung
3) Lakukan bentuk latihan kelentukan sendi
tangan, kaki dan leher
4)
Lakukan lari 12 menit
¬
Uraian
kerja
1)
Bentuk latihan yang digunakan untuk melatih kekuatan
otot tangan, kaki, perut dan punggung adalah …
2) Saat melakukan kelenturan otot pinggang
posisi kedua lengan yang benar, adalah …
3)
Frekuensi gerakan kaki yang benar saat lari 12 menit
adalah …
¬
Pilihan
ganda
Pilih salah satu jawaban yang benar !
1) Posisi kedua kaki yang benar saat melakukan sit-up untuk melatih kekuatan otot perut, adalah …
a.
diluruskan c. disilang
b.
ditekuk d. dilipat
2) Posisi kedua lengan saat bertumpu pada
latihan push-up untuk kekuatan otot lengan adalah …
a.
lurus dan dibuka selebar bahu
b.
lurus
dan disilang di depan badan
c.
lurus
dan dirapatkan di depan dada
d.
ditekuk
dan dirapatkan di depan dada
Catatan : Untuk lebih
jelas soal pilihan ganda dapat dilihat pada
Mengetahui
Kepala Sekolah
...........................................
|
Jayapura, . . . .
. . .
Guru Mata Pelajaran
Milton
Waer
NIM.
0121140091
|
|
|
|
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Aspek
: Uji Diri/Senam
Kelas/Semester :
IX
Alokasi
Waktu : 6 jam (3 x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
- Mempraktikan
rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar dan nilai-nilai
yang terkandungidalamnya
B.
Kompetensi Dasar
29.1
Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya
diri,
kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan
|
29.2 Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta
nilai
keberanian,
kedisiplinan, keluwesan dan estetika
|
36.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa
alat serta nilai percaya
diri,
kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan
|
36.2 Mempraktikkan beberapa
rangkaian senam lantai , serta nilai percaya
diri dan disiplin
|
C.
Indikator
GANJIL
· Melakukan gerak
rangkai keseimbangan (bertumbu pada
kaki)
dilanjutkan
dengan gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak
berguling
kedepan secara berpasangan atau
kelompok untuk
menanamkan
nilai keberanian, keselamatan, keluwesan dan
estetika.
|
· Melakukan gerak
rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki)
delanjutkan
dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling
lenting secara berpasangan atau kelompok untuk menanamkan
nilai
keberanian,
keselamatan, keluwesan dan estetika
|
D.
Tujuan Pembelajaran Khusus
·
Siswa
dapat melakukan gerakan rangkaian guling depan, guling belakang, guling lenting
·
Siswa
dapat melakukan gerak rangkai berdiri dengan tangan, berguling, lenting tangan
E.
Materi Pokok
·
Senam Ketangkasan (Lanjutan)
F.
Metode
·
Penugasan,
Pendekatan CTL
G. Sumber dan Media Pembelajaran
- Media cetak
- Media
elektronik (TV, CD, dll)
- Media
lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan
teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)
G.
Strategi Pembelajaran
·
Pertemuan I, II dan III
¬
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan
pemanasan
¬
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
¬ Melakukan
gerak rangkai guling depan, belakang dan guling lenting
¬ Melakukan
gerak rangkai berdiri dengan tangan, berguling dan lenting tangan
¬ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas,
evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan
H.
Penilaian
1.
Jenis Tagihan
i.
Tes (Kuis, Tes Harian)
ii.
Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas terstruktur,
proyek, portofolio)
2. Bentuk Instrumen
i.
Rubrik penilaian
3. Butir Instrumen/Soal
a
Unjuk kerja
1) Lakukan gerak rangkai guling depan, belakang
dan guling lenting
2) Lakukan gerak rangkai berdiri dengan tangan,
berguling dan lenting tangan
b
Uraian kerja
1) Posisi badan yang benar saat berguling ke
depan dan belakang, adalah …
2) Posisi kedua lengan yang benar saat
berdiri dengan tangan, adalah …
c
Pilihan ganda
Pilih salah satu jawaban yang benar !
1) Sumber gerakan melenting saat melakukan guling
lenting adalah dari …
a.
pinggang c. pangkal paha
b.
lutut d. kaki
2) Posisi
tumpuan kedua tangan saat melakukan gerak lenting tangan adalah di …
a
luruskan c. tekuk
b
silangkan d. putar
Catatan : Untuk lebih jelas
soal pilihan ganda dapat dilihat pada LKS
Mengetahui
Kepala Sekolah
...........................................
|
Jayapura, . . . .
. . .
Guru Mata Pelajaran
Milton
Waer
NIM.
0121140091
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Aspek
: Aktivitas Ritmik
Kelas/Semester :
IX/Ganjil /Genap
Alokasi
Waktu : 6 jam (3 x pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
4. Mempraktikan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat
serta nilai-nilai
yang terkandung didalamnya
B. Kompetensi
Dasar
30.1
Mempraktikkan rangkaian aktivitas
ritmik tanpa alat dengan koordinasi
gerak yang baik serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan
dan estetika
|
30.2 Mempraktikkan rangkaian aktivitas Ritmik berirama menggunakan alat
dengan koordinasi gerak serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan,
dan
estetika
|
37.1
Mempraktikkan gerak berirama tanpa
alat dengan koordinasi yang benar
serta nilai disiplin,
toleransi, keluwesan dan estetika
|
37.2
Mempraktikan gerak rangkai senam irama menggu nakan alat
dengan koordinasi serta nilai
kedisiplinan,toleransi,keluesan,
dan estetika
|
C.
Indikator
Melakukan
gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki
dengan koordinasi yang baik secara
berpasangan atau kelompok untuk
Menanamkan nilai estetika dan
keluwesan gerak
|
Melakukan
gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang
dan gerak langkah kaki dengan ko
ordinasi yang baik secara berpasangan
atau kelompok untuk menanamkan nilai
estetika dan keluwesan gerak
|
Melakukan
gerak rangkai ayunan satu lengan dan dua lengan dengan gerak
langkah kaki (biasa, rapat dan
keseimbangan)
|
Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang
dan gerak langkah kaki dengan ko
ordinasi yang baik
|
D.
Tujuan Pembelajaran Khusus
·
Siswa dapat memperagakan koordinasi gerakan
langkah kaki, ayunan lengan dan anggota tubuh lainnya dengan mengunakan,
tongkat (Teknik memegang tongkat, gerak mengayun tongkat ke depan dan belakang
diikuti gerakan kaki, gerak mengayun dan menjatuhkan tongkat di samping badan
diikuti gerakan kaki)
E.
Materi Pokok
- Senam
irama (koordinasi gerak dengan tongkat)
F.
Metode
·
Penugasan,
Pendekatan CTL
G. Sumber
dan Media Pembelajaran
- Media cetak
- Media
elektronik (TV, CD, dll)
- Media
lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan teknik-teknik
dalam atletik/lompat/lempar)
H. Strategi Pembelajaran
·
Pertemuan I, II dan III
¬
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan
pemanasan
¬
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
¬
Melakukan
gerak langkah kaki, ayunan lengan dan anggota tubuh lainnya, yang menekan pada
: teknik memegang tongkat, gerak mengayun tongkat
¬
Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi
proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan
I.
Penilaian
1.
Jenis Tagihan
i.
Tes (Kuis, Tes Harian)
ii.
Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas
terstruktur, proyek, portofolio)
2. Bentuk Instrumen
·
Rubrik penilaian
3. Butir Instrumen/Soal
a.
Unjuk kerja
1) lakukan
gerak langkah kaki, ayunan lengan dan anggota tubuh lainnya, dengan menekankan
pada : teknik memegang tongkat, gerak mengayun tongkat
b.
Uraian kerja
1) Posisi telapak tangan yang benar pada
teknik memegang tongkat regular grips adalah …
2) Bentuk gerakan lutut saat melakukan ayunan
tongkat, adalah …
c. Pilihan ganda
Pilih salah satu
jawaban yang benar !
1) Posisi telapak tangan yang benar pada teknik
memegang tongkat revers grips, adalah menghadap
…
a
atas c. samping
b
bawah d. ditekuk
2) Sumber
gerakan saat mengayun tongkat pada senam irama, adalah dari …
a
bahu c. pergelangan tangan
b
sikut d. jari tangan
Mengetahui
Kepala Sekolah
...........................................
|
Jayapura, . . . .
. . .
Guru Mata Pelajaran
Milton
Waer
NIM.
0121140091
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani
Aspek
: Aktivitas Air (Akuatik) *Materi
Pilihan*
Kelas/Semester :
IX/Ganjil /Genap
Alokasi
Waktu : 4 jam (2 x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
31. Mempraktikan
teknik dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya*)
B. Kompetensi Dasar
31.1 Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki
renang gaya punggung serta nilai
disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
31.2 Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan
renang gaya punggung serta
nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
31.3 Mempraktikkan teknik dasar pernapasan
renang gaya punggung serta nilai
disiplin, keberanian dan
kebersihan
|
38.1 Mempraktikkan koordinasi teknik dasar gerakan
kaki, lengan, renang
gaya punggung dalam jarak tertentu serta nilai disiplin, keberanian dan
kebersihan.
|
12.2 Melakukan koordinasi tektnik dasar
renang
gaya punggung ( Renang
menempuh
jarah 10 m, 20 m dan
dilanjutkan dengan jarak 21 m).
|
C.
Indikator
GANJIL
Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung secara
berpasangan atau keompok untuk
menanamkan nilai ke- beranian
dan kepercayaan diri
|
Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung secara
berpasangan untuk menanamkan
nilai keberan ian dan kepercayaan diri
|
Melakukan teknik dasar pernafasan renang gaya punggung secara
berpasangan untuk menanamkan
nilai keberan ian dan kepercayaan
diri
|
GENAP
Melakukan koordinasi
teknik dasar gerakan kaki, lengan dan
pernafasan renang gaya
punggung
|
·
Melakukan koordinasi
teknik dasar renang gaya Punggung ( renang menempuh jarak 10 m, 20 m dan
dilanjutkan dengan jarak 21 m )
|
D. Tujuan Pembelajaran Khusus
·
Siswa dapat
melakukan lomba kecepatan teknik dasar gaya
renang (gaya
punggung) menekankan pada :
¬ Posisi badan
¬ Gerakan kaki dan tangan
¬ Pernafasan
E. Materi Pokok
·
Renang Gaya Punggung
(Lanjutan)
Catatan : penentuan materi ini
berdasarkan pilihan, sekolah, guru dan siswa dan bila perlu KOMITE dan orang
tua murid dilibatkan
F. Metode
·
Penugasan, Pendekatan CTL
G.
Sumber dan Media
Pembelajaran
·
Media cetak (Buku Paket dan LKS. Drs. ROJI). Penerbit ERLANGGA
·
Media elektronik (TV, CD, dll)
·
Media lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk
memperagakan teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)
H.
Strategi
Pembelajaran
·
Pertemuan I dan
II
¬ Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
¬ Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
¬ Melakukan
lomba kecepatan teknik dasar renang gaya punggung, menekan pada posisi badan,
gerakan kaki dan tangan serta pernafasan
¬ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses
pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan
I. Penilaian
1. Jenis Tagihan
i.
Tes (Kuis, Tes
Harian)
ii.
Non Tes
(observasi, angket, wawancara, tugas terstruktur, proyek, portofolio)
2. Bentuk Instrumen
·
Rubrik penilaian
3. Butir Instrumen/Soal
a. Unjuk kerja
1) Lakukan lomba kecepatan renang
gaya punggung, dengan menekankan pada : posisi badan, gerakan kaki dan tangan
serta pernafasan !
b. Uraian kerja
1)
Bentuk gerakan kaki renang gaya punggung, adalah …
2)
Bentuk gerakan lengan renang gaya punggung, adalah …
c. Pilihan ganda
Pilih salah satu jawaban yang benar !
1) Posisi telapak tangan yang benar
sebelum masuk permukaan air adalah menghadap …
a.
luar c. atas
b.
dalam d. bawah
2) Posisi badan saat melakukan renang gaya punggung, adalah …
a
telentang c. miring
b
telungkup d.
membungkuk
Catatan
: Untuk lebih jelas soal pilihan
ganda dapat dilihat pada
Mengetahui
Kepala Sekolah
...........................................
|
Jayapura, . . . .
. . .
Guru Mata Pelajaran
Milton
Waer
NIM.
0121140091
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Aspek
: Pendidikan Luar Kelas (Out Door
Education) *Materi Pilihan*
Kelas/Semester :
IX/Ganjil /Genap
Alokasi
Waktu : 4 jam (2 x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
32. Mempraktikan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas
dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya
B. Kompetensi
Dasar
32.1 Mempraktikkan rencana
kegiatan penjelajahan
|
32.1 Mempraktikkan berbagai
keterampilan untuk memecahkan masalah
yang
ditemukan dalam aktivitas
penjelajahan di alam bebas serta nilai
kerjasama,
disiplin, keselamatan,
kebersihan, dan etika.
|
13.1 Mempraktikkan
perencanaan dasar-dasar kegiatan menjelajah alam bebas
serta nilai kerja sama, toleransi,
tolong menolong, pengambilan keputusan
dalam kelompok
|
13.2 Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan, penjelajahan dialam
bebas
serta nilai kerjasama,
toleransi, tolong menolong, keputusan dalam kelompok,
|
C. Indikator
GANJIL
Pembuatan perencanaan,
dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas
untuk menanamkan nilai,
tanggung jawab, disiplin, kerjasama dan
keselamatan
|
Ketrampilan dasar
mempertahankan hidup
|
1. Kompas dan peta
|
2. Mencari makanan dan minuman
|
3. Mendapatan air dengan proses
kondensasi
|
4. Penyulinagn dengan
matahari(soal still)
|
5. Air dari tanaman
|
Untuk memahami nilai keselamatan, kerjasama, kebersihan dan kepercayaan
diri
|
GENAP
Mempraktekkan identifikasi Pembuatan
perencanaan, dasar-dasar kegiatan
penjelajahan dialam bebas
untuk menanamkan nilai, tanggung jawab, disiplin,
kerjasama dan keselamatan
|
Melakukan identifikasi Ketrampilan dasar mempertahan kan hidup :
Ketrampilan dasar
mempertahankan hidup
|
D. Tujuan Pembelajaran Khusus
·
Mempergakan
prinsi-prinsip keterampilan dasar mempertahankan hidup dalam kegiatan
penjelajahan di hutan, sungai dan pantai
·
Siswa dapat
mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan dalam kegiatan penjelajahan di
hutan, sungai dan pantai
E. Materi Pokok
·
Dasar-dasar
Keterampilan Penjelajahan di hutan, sungai dan pantai
Catatan : penentuan materi ini
berdasarkan pilihan, sekolah, guru dan siswa dan bila perlu KOMITE dan orang
tua murid dilibatkan
F. Metode
* Penugasan, Pendekatan CTL
G. Sumber dan Media Pembelajaran
·
Media cetak
·
Media elektronik (TV, CD, dll)
·
Media lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk
memperagakan teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)
H. Strategi Pembelajaran
·
Pertemuan I dan
II
¬ Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
¬ Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
¬ Melakukan
prinsip-prinsip dasar mempertahankan hidup dalam kegiatan penjelajahan di
hutan, sungai dan pantai
¬ Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses
pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan
I. Penilaian
1. Jenis Tagihan
i.
Tes (Kuis, Tes
Harian)
ii.
Non Tes
(observasi, angket, wawancara, tugas terstruktur, proyek, portofolio)
2. Bentuk Instrumen
·
Rubrik penilaian
3. Butir Instrumen/Soal
a. Unjuk kerja
1)
Lakukan prinsip-prinsip dasar mempertahankan hidup di
hutan, sungai dan pantai !
2)
Lakukan persiapan perlengkapan kegiatan penjelajahan di
hutan, sungai dan pantai !
b. Uraian kerja
1) Sebutkan 3 (tiga) macam prinsip dasar mempertahankan
hidup di hutan, sungai dan pantai
2) Sebutkan 3 (tiga) macam peralatan yang perlu disiapkan
untuk penjelajahan di hutan, sungai dan pantai
c. Pilihan ganda
dapat dilihat pada LKS penjas kelas IX/III semester
Ganjil
Mengetahui
Kepala Sekolah
...........................................
|
Jayapura, . . . .
. . .
Guru Mata Pelajaran
Milton
Waer
NIM.
0121140091
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Aspek
: Kesehatan
Kelas/Semester :
IX/Ganjil /Genap
Alokasi
Waktu : 4 jam (2 x pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
33. Menerapkan budaya
hidup sehat
B.
Kompetensi Dasar
33.1 Menerapkan budaya hidup sehat dalam kehidupan
sehari-hari
|
33.2 Melakukan
cara menghindari bahaya keba - karan
|
39.1 Melakukan
identifikasi bahaya sex bebas
|
39..2 Menolak
budaya sex bebas
|
C.
Indikator
GANJIL
Memahami bahaya merokok, miras dan narkoba.
|
Melakukan pencegahan bahaya kebakaran (pencegahan terhadap
penyebab, perlengkapan pemadam
kebakaran)
|
GENAP
Jenis penyakit kelamin (Gonorrhoea, syphilis, AIDS)
|
Penyebab – penyakit
|
Gejala penyakit
|
Melakukan identifikasi penyebab bencana
|
Penolakan terhadap penyakit sex (menghindari pergaulan bebas dan patuh
terhadap
norma-norma agama)
|
D.
Materi Pokok
·
Dasar-dasar Keterampilan Penjelajahan di hutan,
sungai dan pantai
Catatan : penentuan materi
ini berdasarkan pilihan, sekolah, guru dan siswa dan bila perlu KOMITE dan
orang tua murid dilibatkan
E.
Metode
* Penugasan, Pendekatan CTL
F.
Sumber dan Media Pembelajaran
·
Media cetak
·
Media
elektronik (TV, CD, dll)
·
Media
lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan teknik-teknik
dalam atletik/lompat/lempar)
G.
Strategi Pembelajaran
·
Pertemuan I dan II
¬
Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan
pemanasan
¬
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
¬
Melakukan
prinsip-prinsip dasar mempertahankan hidup dalam kegiatan penjelajahan di
hutan, sungai dan pantai
¬
Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi
proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan
H.
Penilaian
1.
Jenis Tagihan
i.
Tes (Kuis, Tes Harian)
ii.
Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas
terstruktur, proyek, portofolio)
2. Bentuk Instrumen
·
Rubrik penilaian
3. Butir Instrumen/Soal
a.
Unjuk kerja
3) Lakukan prinsip-prinsip dasar
mempertahankan hidup di hutan, sungai dan pantai !
4) Lakukan persiapan perlengkapan kegiatan
penjelajahan di hutan, sungai dan pantai !
b.
Uraian kerja
1)
Sebutkan 3 (tiga) macam prinsip dasar mempertahankan
hidup di hutan, sungai dan pantai
2)
Sebutkan 3 (tiga) macam peralatan yang perlu disiapkan
untuk penjelajahan di hutan, sungai dan pantai
c.
Pilihan ganda
dapat
dilihat pada LKS penjas kelas IX/III semester Ganjil
Mengetahui
Kepala Sekolah
...........................................
|
Jayapura, . . . .
. . .
Guru Mata Pelajaran
Milton
Waer
NIM.
0121140091
|
Komentar
Posting Komentar