RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (SMP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                    Sekolah                       :  SMP
                                    Mata Pelajaran :  Pendidikan Jasmani
                                    Aspek                          :  Permainan dan Olahraga
                                    Kelas/Semester            :  IX/ Ganjil
                                    Alokasi Waktu            :  8  jam (4 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi

1.            Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

B.     Kompetensi Dasar

1.1   Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan
  olahraga beregu bola besar lanjutan dengan  koordinasi yang baik  serta  nilai
  kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi 
  tempat dan peralatan**)

C.    Indikator

GANJIL
  Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola
     mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak
     kaki dengan koordinasi yang baik
  Variasi dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola dengan
     punggung kaki dan koordinasi yang   baik
  Bermain dengan peratu ran yang dimodifikasi
     untuk memupuk kerja sama dan toleransi
  Variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah bola voli
     dengan koordinasi yang baik
  Variasi  kobinasi teknik dasar passing atas, bawah dan smash tampa awalan
     dengan koordinasi yang baik
  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
     untuk memu puk kerja sama
   Kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul dan dari atas kepala)  dengan
      koordinasi  yang baik
   Kombinasi teknik dasar mengiring, shooting (dengan dua tangan dari atas
      depan kepala) dan lay-up shoot dengan koordinasi  yang baik
   Bermain dengan peraturan yang dimodi fikasi untuk memupuk kerja sama

D.    Tujuan Pembelajaran
1.    Permainan Sepakbola (Lanjutan)
·         Siswa dapat melakukan berbagai teknik menendang, menghentikan dan menyundul bola dengan konsisten dan tepat dalam berbagai situasi
·         Siswa dapat menendang dan menggiring bola sesuai ukuran waktu dan ruang

E.     Materi Pembelajaran


Sekolah guru dan siswa dapat memilih salah satu materi pokok yang dapat dilakukan di sekolah, yakni :
  • Permainan sepakbola

F.     Metode

·         Penugasan, Pendekatan CTL

G.    Sumber dan Media Pembelajaran

  • Media cetak
  • Media elektronik (TV, CD, dll)
  • Media lingkungan (mengundang Pemain Sepakbola/Voli/Basket sebagai pemain Nasional /Klub untuk memperagakan teknik permainan)

H.    Strategi Pembelajaran

1.    Permainan Sepakbola
1.      Pertemuan I dan II
  • Membariskan, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
  • Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
  • Melakukan berbagai teknik menendang, menghentikan dan menyundul bola dengan konsisten dan tepat dalam berbagai situasi
  • Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan
2.      Pertemuan III dan IV
·         Membariskan, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
·         Menendang dan menggiring bola sesuai ukuran waktu dan ruang
·         Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan

I. Penilaian


1.      Jenis Tagihan

                         a.      Tes (Kuis, Tes Harian)
                        b.      Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas, proyek, portofolio)
2.      Bentuk Instrumen

·         Rubrik penilaian

3.      Butir Instrumen/Soal

                         a.      Permainan sepakbola (Aspek Permainan dan Olahraga)
·         Unjuk kerja
1)      Lakukan teknik menendang, menghentikan dan menyundul bola dalam berbagai situasi
¬  Bergerak maju – mundur
¬  Bergerak menyamping
2)      Lakukan teknik menendang dan menggiring bola sesuai ukuran waktu dan ruang
¬  Menggiring zig-zag lalu menendang bola kea rah sasaran (gawang)

·         uraian singkat
1)      Posisi pergelangan kaki yang benar saat menendang bola dengan kaki bagian luar adalah …
2)      Posisi telapak kaki yang benar saat menghentikan bola dengan telapak kaki adalah …
3)      Posisi berat badan yang benar setelah menendang bola adalah …

·         Pilihan ganda

Pilih salah satu jawaban yang benar !
1)      Posisi pergelangan yang benar saat teknik menendang dengan kaki bagian luar, adalah …
a         diputar ke dalam                                 c.   disilang ke belakang
b        ditekuk ke bawah                                d.   diputar ke luar

2)      Bentuk gerakan kaki saat melakukan teknik mengiring bola adalah gerak …
a         mendorong ke arah bola                      c.   mengayun ke arah bola
b        memukul ke arah bola                         d.   memutar ke arah bola

Catatan : Untuk lebih jelasnya soal pilihan ganda dapat dilihat pada LKS




Mengetahui
Kepala Sekolah





...........................................
Jayapura,  . . . . . . .
Guru Mata Pelajaran






Milton Waer
NIM. 0121140091












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


                                    Sekolah                       :  SMP
                                    Mata Pelajaran :  Pendidikan Jasmani
                                    Aspek                          :  Permainan dan Olahraga
                                    Kelas/Semester            :  IX/Ganjil
                                    Alokasi Waktu            :  6 Jam Pelajaran ( 3 x pertemua )


A.    Standar Kompetensi


2.   Memperagakan teknik dasar permainan dan olahraga berdasarkan konsep yang benar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

B.     Kompetensi Dasar


2.1   Mempraktikkan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu
        bola kecil lanjutan dengan  tepat  serta  nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
        keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)

C.    Indikator


GANJIL
     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand
        dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand
        dengan tepat
     Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk
        melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan tepat
     Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.
     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (memegang
        raket,servis dan pukulan)
     Bermain tenis  dengan peraturan yang dimodifikasi
     Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (memegang
        bat,melempar tangkapan dan pukulan)
     Bermain  dengan peraturan yang dimodifikasi

D.    Tujuan Pembelajaran Khusus


1.      Permainan Bulutangkis / Tennis / Tenis Meja (Lanjutan)
·         Siswa dapat mengidentifikasi saat yang tepat untuk melakukan penyerangan dan pertahanan
·         Siswa dapat mengubah kecepatan dalam penyerangan dan mengetahui apa yang harus dilakukanuntuk mencetak angka dengan menggunakan teknik dasar pukulan

E.     Materi Pokok


Sekolah guru dan siswa dapat memilih salah satu materi pokok yang dapat dilakukan di sekolah, yakni :
·         Bulutangkis / Tennis / Tenis Meja

F.     Metode


·         Penugasan, Pendekatan CTL

G.    Sumber dan Media Pembelajaran


·         Media cetak
·         Media elektronik (TV, CD, dll)
·         Lingkungan

H.    Strategi Pembelajaran


1.   Permainan Bulutangkis / Tennis / Tenis Meja
·         Pertemuan I,II dan III
¬  Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
¬  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
¬  Mengidentifikasi saat yang tepat untuk melakukan penyerangan dan pertahanan
¬  Mengubah kecepatan dalam penyerangan dan mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mencetak angka dengan menggunakan teknik dasar pukulan
¬  Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan

I.       Penilaian


1. Jenis Tagihan

                         a.      Tes (Kuis, Tes Harian)
                        b.      Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas terstruktur, proyek, portofolio)

2.      Bentuk Instrumen

·         Rubrik penilaian

3.      Butir Instrumen/Soal

                         a.      Permainan Bulutangkis / Tennis / Tenis Meja
·         Unjuk kerja
1)      Lakukan identifikasi yang tepat untuk melakukan penyerangan dan pertahanan (Bulutangkis / Tennis / Tenis Meja) !
2)      Lakukan perubahan kecepatan saat melakukan penyerangan untuk mencetak angka dengan menggunakan teknik dasar pukulan. (Forehand, backhand dan smash)

·         Uraian singkat
1)      Posisi telapak tangan yang memegang raket / bat saat memukul dengan teknik pukulan forehand, adalah …
2)      Posisi telapak tangan yang memegang raket/bat saat memukul dengan teknik pukulan backhand, adalah …

·         Pilihan ganda

Pilih salah satu jawaban yang benar !

1)      Pukulan yang digunakan untuk mematikan lawan dalam permainan bulutangkis/tennis/tenis meja adalah …
a         lab                                           c.   smash
b        drop                                         d.   cop

2)      Posisi bahu yang benar saat melakukan pukulan backhand, adalah …
                                                             a.      menghadap arah gerakan
                                                            b.      menyamping arah gerakan
                                                             c.      membelakangi arah gerakan
                                                            d.      menyilang arah gerakan




Mengetahui
Kepala Sekolah





...........................................
Jayapura,  . . . . . . .
Guru Mata Pelajaran






Milton Waer
NIM. 0121140091

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                    Sekolah                       :  SMP
                                    Mata Pelajaran :  Pendidikan Jasmani
                                    Aspek                          :  Permainan dan Olahraga
                                    Kelas/Semester            :  IX/Ganjil /Genap
                                    Alokasi Waktu            :  6 jam (3 x pertemuan)

·         Standar Kompetensi

3.  Memperagakan teknik dasar permainan dan olahraga berdasarkan konsep yang benar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

·         Kompetensi Dasar

3.1 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan  serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)

Indikator
Ganjil
·         MelakukanTeknik dasar start, lari dan finish secara berpasangan atau kelompok
·         Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian

D.    Tujuan Pembelajaran Khusus

1. Lompat Jauh Gaya Jalan di Udara (Lanjutan)
·         Siswa dapat melakukan berbagai teknik lompat jauh dengan power yang baik, dengan menekankan pada
¬  Awalan
¬  Tolakan
¬  Gerakan di udara
¬  Mendarat

E.     Materi Pokok


Sekolah guru dan siswa dapat memilih salah satu materi pokok yang dapat dilakukan di sekolah, yakni :
  • Lompat Jauh Gaya Jalan di Udara

E.     Metode


·         Penugasan, Pendekatan CTL

F.     Sumber dan Media Pembelajaran


  • Media cetak
  • Media elektronik (TV, CD, dll)
  • Media lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)

F.     Strategi Pembelajaran


1.    Lompat Jauh Gaya Jalan di Udara
·         Pertemuan I, II dan III
¬  Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
¬  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
¬  Melakukan lompat jauh gaya jalan di udara, dengan menekankan pada : awalan, tolakan, gerakan di udara dan mendarat
¬  Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan

G.    Penilaian


1. Jenis Tagihan
a. Tes (Kuis, Tes Harian)
      b. Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas terstruktur, proyek, portofolio)

2.   Bentuk Instrumen

·         Rubrik penilaian

3.   Butir Instrumen/Soal

                         a.      Lompat Jauh Gaya Jalan di Udara (Aspek Permainan dan Olahraga)
·         Unjuk kerja
1)      Lakukan lompat jauh gaya jalan di udara dengan menekankan pada teknik dasar
¬  Awalan
¬  Tolakan
¬  Di udara dan mendarat

·         Uraian singkat
1)      Gerak lari awalan yang benar untuk lompat jauh jalan di udara, adalah …
2)      Arah gerakn menolak yang benar saat melakukan tolakan untuk lompat jauh gaya jalan di udara, adalah …
3)      Gerakan kaki yang benar saat di udara pada lompat jauh gaya jalan di udara, adalah …

·         Pilihan ganda

Pilih salah satu jawaban yang benar !

1)      Urutan tolakan telapak kaki yang benar pada papan tumpuan, adalah …
a         tumit – telapak kaki – ujung telapak kaki
b        ujung telapak kaki – telapak kaki – tumit
c         telapak kaki – tumit – ujung telapak kaki
d        tumit – ujung telapak kaki – telapak kaki

2)      Bentuk gerakan kaki yang benar saat di udara pada lompat jauh gaya jalan di udara, adalah gerak  …
a         menendang ke depan secara bergantian
b        menekan ke depan secara bergantian
c         memutar ke depan secara bergantian
d        menekuk ke depan secara bergantian


Catatan : Untuk lebih jelas soal pilihan ganda dapat dilihat pada LKS




Mengetahui
Kepala Sekolah





...........................................
Jayapura,  . . . . . . .
Guru Mata Pelajaran






Milton Waer
NIM. 0121140091





 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                    Sekolah                       :  SMP
                                    Mata Pelajaran :  Pendidikan Jasmani
                                    Aspek                          :  Permainan dan Olahraga
                                    Kelas/Semester            :  IX/Ganjil /Genap
                                    Alokasi Waktu            :  6 jam (3 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi


Memperagakan teknik dasar permainan dan olahraga berdasarkan konsep yang benar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

B.     Kompetensi Dasar


Mempraktikkan  variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan olahraga bela
         diri lanjutan dengan benar dan lancar  serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati
         lawan dan percaya diri**)

C.    Indikator


GANJIL
·    Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan benar (kuda-
      kuda, langkah, pukulan dan tangkis)
·    Melakukan gerak berpasangan (sambungan)
·    Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat (gerak
      memukul, tangkis dan menendang)
·    Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar dengan tepat
      (langkah,jatuh dan kuncian)
·    Melakukan gerak berpasangan untuk keberhasilan keserasian,
      tanggung jawab dan kepercayaan diri

D.    Tujuan Pembelajaran Khusus

1.  Lempar Lembing Awalan Langkah Jingkat (Lanjutan)
·         Siswa dapat melakukan variasi keterampilan gerak dalam olahraga perorangan yang menggunakan komponen gerak langkah, jatuhan, dalam olahraga beladiri

E.     Materi Pokok


Sekolah guru dan siswa dapat memilih salah satu materi pokok yang dapat dilakukan di sekolah, yakni :
  • Beladiri pencaksilat
  • Beladiri Karate
  • Beladiri Judo

F.     Metode

·         Penugasan, Pendekatan CTL

G.    Sumber dan Media Pembelajaran

  • Media cetak
  • Media elektronik (TV, CD, dll)
  • Media lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)

H.    Strategi Pembelajaran


1.      Beladiri Pencaksilat (Lanjutan)
·         Pertemuan I, II dan III
¬  Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
¬  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
¬  Melakukan variasi keterampilan gerak memukul dan menendang
¬  Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan

2.  Beladiri Karate (Lanjutan)
·         Pertemuan I,II dan III
¬  Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
¬  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
¬  Melakukan variasi keterampilan gerak memukul dan menendang
¬  Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan

3.   Beladiri Judo (Lanjutan)
·         Pertemuan I, II dan III
¬  Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
¬  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
¬  Melakukan variasi keterampilan gerak langkah dan jatuhan
¬  Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan

I.       Penilaian


1.      Jenis Tagihan
                          i.      Tes (Kuis, Tes Harian)
                        ii.      Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas terstruktur, proyek, portofolio)

2.   Bentuk Instrumen
·         Rubrik penilaian

3.   Butir Instrumen/Soal
a         Beladiri Pencaksilat (Aspek Permainan dan Olahraga)
·         Unjuk kerja
1)      Lakukan variasi keterampilan gerak memukul dan menendang !

·         Uraian singkat
1)      Posisi lengan yang benar saat melakukan pukulan depan tebak adalah …
2)      Posisi lengan yang tidak digunakan memukul, adalah …

·         Pilihan ganda

Pilih salah satu jawaban yang benar !

1)      Sikap kuda-kuda yang benar saat melakukan pukulan depan tebak, adalah kuda-kuda …
a         depan                                                  c.   samping
b        belakang                                              d.   tengah

2)      Arah gerakan pukulan bandul/colok yang benar adalah dari …
a         bawah ke arah atas                              c.   samping ke atas
b        atas ke arah bawah                              d.   samping ke bawah

b.  Beladiri Karate (Aspek Permainan dan Olahraga)
·         Unjuk kerja
1)      Lakukan variasi keterampilan gerak memukul dan menendang

·         Uraian singkat
1)      Posisi telapak tangan saat melakukan teknik pukulan lurus adalah …
2)      Posisi lengan saat melakukan teknik pukulan lurus, adalah …

·         Pilihan ganda

Pilih salah satu jawaban yang benar !

1)      Posisi lengan yang tidak digunakan memukul adalah di …
                                                             a.      depan dada                             c.  samping pinggang
                                                            b.      depan perut                             d.   depan wajah



2)      Posisi jari-jari saat memukul adalah di  …
a         renggangkan                            c.   silangkan
b        rapatkan                                  d.   luruskan

c         Beladiri Judo (Lanjutan)
·         Unjuk kerja
1)      Lakukan gerak langkah depan-belakang !
2)      Lakukan gerak langkah kiri-kanan !
3)      Lakukan gerak jatuh ke depan dan belakang !
·         Uraian singkat
1)      Tumpuan saat melakukan jatuhan ke depan adalah …
2)      Posisi kedua kaki saat melakukan jatuhan ke belakang, adalah …
3)      Bentuk gerakan kaki yang benar saat melakukan gerak langkah, adalah …
·         Pilihan ganda

Pilih salah satu jawaban yang benar !

1)      Posisi telapak kaki saat melakukan gerak langkah adalah  …
a         menempel lantai
b        terangkat dari lantai
c         tidak bergeser dari lantai
d        melompat-lompat di lantai     

2)      Posisi telapak tangan yang benar saat melakukan teknik jatuhan ke depan adalah  …
                                                             a.      menghadap matras
                                                            b.      membelakangi matras
                                                             c.      menyamping matras
                                                            d.      menyilang matras

Catatan : Untuk lebih jelas soal pilihan ganda dapat dilihat pada LKS






Mengetahui
Kepala Sekolah





...........................................
Jayapura,  . . . . . . .
Guru Mata Pelajaran






Milton Waer
NIM. 0121140091
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                    Sekolah                       :  SMP
                                    Mata Pelajaran :  Pendidikan Jasmani
                                    Aspek                          :  Aktivitas Pengembangan
                                    Kelas/Semester            :  IX/Ganjil /Genap
                                    Alokasi Waktu            :  6 jam (3 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi


  1. Mempraktikan jenis latihan beban dengan alat sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalmnya

B.     Kompetensi Dasar


28.1 Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan
28.2 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk
        kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat
        sederhana  serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
35.1 Mempraktikkan tes  kesegaran jasmani secara sederhana
35.2 Melakukan iterpretasi secara sederhana hasil tes dalam menentukan derajat
        kebugaran


C.    Indikator

GANJIL
   Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk
       badan bagian atas dan bawah)
    Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian
       leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki)
    Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan  badan bagia atas mengunakan alat
       (bola basket/sepakbola)
    Melakukan latihan kekuatan,  kecepatan dan daya tahan badan    bagian bawah
       mengunakan alat (bangku senam)
    Melakukan latihan kecepatan badan bagian  bawah (lomba lari cepat jarak
       pendek)


D.    Tujuan Pembelajaran Khusus

·         Siswa dapat melakukan berbagai bentuk latihan yang berhubungan dengan pengembangan motorik
·         Siswa dapat melakukan berbagai bentuk latihan yang dihubungkan dengan pengembangan kapasitas daya tahan jantung, otot dan paru-paru

E.     Materi Pokok


  • Pengembangan komponen kebugaran jasmani (lanjutan)

F.     Metode

·         Penugasan, Pendekatan CTL

G.    Sumber dan Media Pembelajaran


  • Media cetak
  • Media elektronik (TV, CD, dll)
  • Media lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)

H.    Strategi Pembelajaran


·         Pertemuan I, II dan III
¬  Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
¬  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
¬  Melakukan bentuk latihan yang berhubungan dengan pengembangan motorik seperti : bentuk latihan kekuatan, kelenturan dan kelentukan
¬  Melakukan latihan yang berhubungan dengan pengembangan kapasitas daya tahan, otot dan paru-paru seperti : latihan Aerobik (Lari jarah jauh, bersepeda, jalan dst)
¬  Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan

I.       Penilaian


1.      Jenis Tagihan

                          i.      Tes (Kuis, Tes Harian)
                        ii.      Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas terstruktur, proyek, portofolio)

2.   Bentuk Instrumen

·         Rubrik penilaian

3.   Butir Instrumen/Soal

·         Kebugaran Jasmani (Aspek Aktivitas Pengembangan)
¬  Unjuk kerja
1)      Lakukan bentuk latihan kekuatan, otot kaki, tangan, perut dan punggung
2)      Lakukan bentuk latihan kelenturan otot kaki, pinggang, tangan dan punggung
3)      Lakukan bentuk latihan kelentukan sendi tangan, kaki dan leher
4)      Lakukan lari 12 menit

¬  Uraian kerja
1)      Bentuk latihan yang digunakan untuk melatih kekuatan otot tangan, kaki, perut dan punggung adalah …
2)      Saat melakukan kelenturan otot pinggang posisi kedua lengan yang benar, adalah …
3)      Frekuensi gerakan kaki yang benar saat lari 12 menit adalah …

¬  Pilihan ganda

Pilih salah satu jawaban yang benar !

1)   Posisi kedua kaki yang benar saat melakukan sit-up  untuk melatih kekuatan otot perut, adalah …
                                                             a.      diluruskan                               c.   disilang
                                                            b.      ditekuk                                                d.   dilipat

2)   Posisi kedua lengan saat bertumpu pada latihan push-up  untuk kekuatan otot lengan adalah …
                                                             a.      lurus dan dibuka selebar bahu
                                                            b.      lurus dan disilang di depan badan
                                                             c.      lurus dan dirapatkan di depan dada
                                                            d.      ditekuk dan dirapatkan di depan dada
Catatan : Untuk lebih jelas soal pilihan ganda dapat dilihat pada







Mengetahui
Kepala Sekolah





...........................................
Jayapura,  . . . . . . .
Guru Mata Pelajaran






Milton Waer
NIM. 0121140091


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                    Sekolah                       :  SMP
                                    Mata Pelajaran :  Pendidikan Jasmani
                                    Aspek                          :  Uji Diri/Senam
                                    Kelas/Semester            :  IX
                                    Alokasi Waktu            :  6 jam (3 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi


  1. Mempraktikan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar dan nilai-nilai yang terkandungidalamnya

B.     Kompetensi Dasar


29.1  Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya
         diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan
29.2 Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai
         keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika
36.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat  serta nilai percaya
        diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan
36.2 Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai percaya
        diri dan disiplin

C.    Indikator

GANJIL
·         Melakukan gerak rangkai keseimbangan  (bertumbu pada kaki)
           dilanjutkan dengan gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak
           berguling kedepan secara  berpasangan atau kelompok untuk
           menanamkan nilai keberanian, keselamatan, keluwesan dan
           estetika.
·         Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki)
          delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling
          lenting secara  berpasangan atau kelompok untuk menanamkan nilai
          keberanian, keselamatan, keluwesan dan estetika

D.    Tujuan Pembelajaran Khusus

·         Siswa dapat melakukan gerakan rangkaian guling depan, guling belakang, guling lenting
·         Siswa dapat melakukan gerak rangkai berdiri dengan tangan, berguling, lenting tangan

E.     Materi Pokok

·         Senam Ketangkasan (Lanjutan)

F.     Metode

·         Penugasan, Pendekatan CTL

G. Sumber dan Media Pembelajaran

  • Media cetak
  • Media elektronik (TV, CD, dll)
  • Media lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)

G.           Strategi Pembelajaran

·         Pertemuan I, II dan III
¬  Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
¬  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
¬  Melakukan gerak rangkai guling depan, belakang dan guling lenting
¬  Melakukan gerak rangkai berdiri dengan tangan, berguling dan lenting tangan
¬  Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan

H.           Penilaian

1. Jenis Tagihan
                          i.      Tes (Kuis, Tes Harian)
                        ii.      Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas terstruktur, proyek, portofolio)
2.   Bentuk Instrumen
i. Rubrik penilaian
3.   Butir Instrumen/Soal
a        Unjuk kerja
1)   Lakukan gerak rangkai guling depan, belakang dan guling lenting
2)   Lakukan gerak rangkai berdiri dengan tangan, berguling dan lenting tangan
b        Uraian kerja
1)      Posisi badan yang benar saat berguling ke depan dan belakang, adalah  …
2)      Posisi kedua lengan yang benar saat berdiri dengan tangan, adalah …
c         Pilihan ganda
Pilih salah satu jawaban yang benar !
1)   Sumber gerakan melenting saat melakukan guling lenting adalah dari …
                                                             a.      pinggang                                             c.   pangkal paha
                                                            b.      lutut                                                     d.   kaki
2)   Posisi tumpuan kedua tangan saat melakukan gerak lenting tangan adalah di  …
a         luruskan                                               c.   tekuk
b        silangkan                                             d.   putar
Catatan : Untuk lebih jelas soal pilihan ganda dapat dilihat pada LKS





Mengetahui
Kepala Sekolah





...........................................
Jayapura,  . . . . . . .
Guru Mata Pelajaran






Milton Waer
NIM. 0121140091






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                    Sekolah                       :  SMP
                                    Mata Pelajaran :  Pendidikan Jasmani
                                    Aspek                          :  Aktivitas Ritmik
                                    Kelas/Semester            :  IX/Ganjil /Genap
                                    Alokasi Waktu            :  6 jam (3 x pertemuan)

 

A.    Standar Kompetensi

4. Mempraktikan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat serta nilai-nilai
      yang terkandung didalamnya

B.     Kompetensi Dasar

30.1 Mempraktikkan rangkaian  aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi
       gerak yang baik  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
30.2 Mempraktikkan rangkaian aktivitas Ritmik berirama menggunakan alat
         dengan koordinasi gerak  serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan
         estetika
37.1 Mempraktikkan  gerak berirama tanpa alat dengan koordinasi yang benar 
         serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
37.2 Mempraktikan gerak rangkai senam irama menggu nakan alat
         dengan koordinasi serta nilai kedisiplinan,toleransi,keluesan, 
         dan estetika

C.    Indikator

      Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki
         dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok untuk
         Menanamkan nilai estetika dan keluwesan gerak
      Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang
         dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik secara berpasangan
         atau kelompok untuk menanamkan nilai estetika dan  keluwesan gerak

      Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan dua lengan dengan gerak
         langkah kaki (biasa, rapat dan keseimbangan)
      Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang
         dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik

D.    Tujuan Pembelajaran Khusus

·         Siswa dapat memperagakan koordinasi gerakan langkah kaki, ayunan lengan dan anggota tubuh lainnya dengan mengunakan, tongkat (Teknik memegang tongkat, gerak mengayun tongkat ke depan dan belakang diikuti gerakan kaki, gerak mengayun dan menjatuhkan tongkat di samping badan diikuti gerakan kaki)

E.     Materi Pokok

  • Senam irama (koordinasi gerak dengan tongkat)

F.     Metode

·         Penugasan, Pendekatan CTL

G.    Sumber dan Media Pembelajaran

  • Media cetak
  • Media elektronik (TV, CD, dll)
  • Media lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)

H. Strategi Pembelajaran


·         Pertemuan I, II dan III
¬  Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
¬  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
¬  Melakukan gerak langkah kaki, ayunan lengan dan anggota tubuh lainnya, yang menekan pada : teknik memegang tongkat, gerak mengayun tongkat
¬  Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan

I. Penilaian

1.      Jenis Tagihan
                          i.      Tes (Kuis, Tes Harian)
                        ii.      Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas terstruktur, proyek, portofolio)
2.   Bentuk Instrumen
·         Rubrik penilaian
3.   Butir Instrumen/Soal
a.   Unjuk kerja
1)   lakukan gerak langkah kaki, ayunan lengan dan anggota tubuh lainnya, dengan menekankan pada : teknik memegang tongkat, gerak mengayun tongkat
b.   Uraian kerja
1)      Posisi telapak tangan yang benar pada teknik memegang tongkat regular grips adalah   …
2)      Bentuk gerakan lutut saat melakukan ayunan tongkat, adalah  …
c.    Pilihan ganda
Pilih salah satu jawaban yang benar !
1)   Posisi telapak tangan yang benar pada teknik memegang tongkat revers grips, adalah menghadap  …
a         atas                                                            c.   samping
b        bawah                                                        d.   ditekuk

2)   Sumber gerakan saat mengayun tongkat pada senam irama, adalah dari   …
a         bahu                                                          c.   pergelangan tangan
b        sikut                                                          d.   jari tangan





Mengetahui
Kepala Sekolah





...........................................
Jayapura,  . . . . . . .
Guru Mata Pelajaran






Milton Waer
NIM. 0121140091


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                    Sekolah                       :  SMP
                                    Mata Pelajaran :  Pendidikan Jasmani
                                    Aspek                          :  Aktivitas Air (Akuatik) *Materi
                                                                           Pilihan*
                                    Kelas/Semester            :  IX/Ganjil /Genap
                                    Alokasi Waktu            :  4 jam (2 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi


31. Mempraktikan teknik dasar renang gaya punggung dan nilai-nilai yang terkandung
    didalamnya*)

B.     Kompetensi Dasar

31.1    Mempraktikkan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung  serta nilai
           disiplin, keberanian dan kebersihan
31.2    Mempraktikkan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung  serta
            nilai disiplin, keberanian dan kebersihan
31.3    Mempraktikkan teknik dasar pernapasan renang gaya punggung  serta nilai
           disiplin, keberanian dan kebersihan
38.1    Mempraktikkan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan, renang
            gaya punggung dalam jarak tertentu  serta nilai disiplin, keberanian dan
            kebersihan.
12.2 Melakukan koordinasi tektnik dasar
        renang gaya punggung ( Renang
        menempuh jarah 10 m, 20 m dan
        dilanjutkan dengan jarak 21 m).

C.    Indikator

GANJIL
         Melakukan teknik dasar gerakan kaki renang gaya punggung secara
            berpasangan atau keompok untuk menanamkan nilai ke- beranian
            dan kepercayaan diri
         Melakukan teknik dasar gerakan lengan renang gaya punggung secara
            berpasangan untuk menanamkan nilai keberan ian dan kepercayaan diri
         Melakukan teknik dasar pernafasan renang gaya punggung secara
            berpasangan untuk menanamkan nilai keberan ian dan kepercayaan
            diri

GENAP
         Melakukan koordinasi teknik dasar gerakan kaki, lengan dan
            pernafasan renang gaya punggung
·         Melakukan koordinasi teknik dasar renang gaya Punggung ( renang menempuh jarak 10 m, 20 m dan dilanjutkan dengan jarak 21 m )



D.     Tujuan Pembelajaran Khusus

·         Siswa dapat melakukan lomba kecepatan teknik dasar gaya renang (gaya punggung) menekankan pada :
¬  Posisi badan
¬  Gerakan kaki dan tangan
¬  Pernafasan

E.     Materi Pokok

·         Renang Gaya Punggung (Lanjutan)

Catatan :   penentuan materi ini berdasarkan pilihan, sekolah, guru dan siswa dan bila perlu KOMITE dan orang tua murid dilibatkan

F.      Metode

·         Penugasan, Pendekatan CTL

G.    Sumber dan Media Pembelajaran

·         Media cetak (Buku Paket dan LKS. Drs. ROJI). Penerbit ERLANGGA
·         Media elektronik (TV, CD, dll)
·         Media lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)

H.    Strategi Pembelajaran

·         Pertemuan I dan II
¬  Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
¬  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
¬  Melakukan lomba kecepatan teknik dasar renang gaya punggung, menekan pada posisi badan, gerakan kaki dan tangan serta pernafasan
¬  Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan

I.       Penilaian

1.      Jenis Tagihan
                          i.      Tes (Kuis, Tes Harian)
                        ii.      Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas terstruktur, proyek, portofolio)
2.   Bentuk Instrumen
·         Rubrik penilaian
3.   Butir Instrumen/Soal
a.   Unjuk kerja
1)   Lakukan lomba kecepatan renang gaya punggung, dengan menekankan pada : posisi badan, gerakan kaki dan tangan serta pernafasan !
b.   Uraian kerja
1)      Bentuk gerakan kaki renang gaya punggung, adalah …
2)      Bentuk gerakan lengan renang gaya punggung, adalah …
c.    Pilihan ganda
Pilih salah satu jawaban yang benar !
1)   Posisi telapak tangan yang benar sebelum masuk permukaan air adalah menghadap …
                                                 a.      luar                                                            c.   atas
                                                b.      dalam                                                         d.   bawah
2)   Posisi badan saat melakukan renang gaya punggung, adalah …
a         telentang                                                    c.   miring
b        telungkup                                                   d.   membungkuk
Catatan : Untuk lebih jelas soal pilihan ganda dapat dilihat pada


Mengetahui
Kepala Sekolah


...........................................
Jayapura,  . . . . . . .
Guru Mata Pelajaran


Milton Waer
NIM. 0121140091
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                    Sekolah                       :  SMP
                                    Mata Pelajaran :  Pendidikan Jasmani
                                    Aspek                          :  Pendidikan Luar Kelas (Out Door
                                                                           Education) *Materi Pilihan*
                                    Kelas/Semester            :  IX/Ganjil /Genap
                                    Alokasi Waktu            :  4 jam (2 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi

      32. Mempraktikan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas dan nilai-nilai yang
            terkandung didalamnya

B.     Kompetensi Dasar

32.1  Mempraktikkan rencana kegiatan  penjelajahan
32.1 Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk memecahkan  masalah yang   
         ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas  serta nilai kerjasama,
         disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika.
13.1 Mempraktikkan perencanaan dasar-dasar kegiatan menjelajah alam bebas
        serta nilai kerja sama, toleransi, tolong menolong, pengambilan keputusan
        dalam kelompok
13.2 Mempraktikkan keterampilan dasar penyelamatan, penjelajahan dialam bebas
        serta nilai kerjasama, toleransi, tolong menolong, keputusan dalam kelompok,
      

C.     Indikator

GANJIL
         Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas
            untuk menanamkan nilai, tanggung jawab, disiplin, kerjasama dan
            keselamatan
         Ketrampilan dasar mempertahankan hidup
1. Kompas dan peta
2. Mencari makanan dan minuman
3. Mendapatan air dengan proses kondensasi
4. Penyulinagn dengan matahari(soal still)
5. Air dari tanaman
Untuk memahami nilai keselamatan, kerjasama, kebersihan dan kepercayaan diri

GENAP

    Mempraktekkan identifikasi Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan
       penjelajahan dialam bebas untuk menanamkan nilai, tanggung jawab, disiplin,
       kerjasama dan keselamatan
Melakukan identifikasi Ketrampilan dasar mempertahan kan hidup :
         Ketrampilan dasar mempertahankan hidup
  1. Kompas dan peta
  2. Mencari makanan dan minuman
  3. Mendapatkan air dengan prose  kondensasi
  4. Penyulingan dengan matahari(soal still)
  5. Air dari tanaman
  6. Mengevaluasi hasil kegiatan.

D.     Tujuan Pembelajaran Khusus

·         Mempergakan prinsi-prinsip keterampilan dasar mempertahankan hidup dalam kegiatan penjelajahan di hutan, sungai dan pantai
·         Siswa dapat mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan dalam kegiatan penjelajahan di hutan, sungai dan pantai

E.     Materi Pokok

·         Dasar-dasar Keterampilan Penjelajahan di hutan, sungai dan pantai
Catatan :   penentuan materi ini berdasarkan pilihan, sekolah, guru dan siswa dan bila perlu KOMITE dan orang tua murid dilibatkan

F.      Metode

       * Penugasan, Pendekatan CTL

G.    Sumber dan Media Pembelajaran

·         Media cetak
·         Media elektronik (TV, CD, dll)
·         Media lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)

H.    Strategi Pembelajaran

·         Pertemuan I dan II
¬  Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
¬  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
¬  Melakukan prinsip-prinsip dasar mempertahankan hidup dalam kegiatan penjelajahan di hutan, sungai dan pantai
¬  Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan

I.       Penilaian

1.      Jenis Tagihan
                          i.      Tes (Kuis, Tes Harian)
                        ii.      Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas terstruktur, proyek, portofolio)
2.   Bentuk Instrumen
·         Rubrik penilaian
3.   Butir Instrumen/Soal
a.   Unjuk kerja
1)      Lakukan prinsip-prinsip dasar mempertahankan hidup di hutan, sungai dan pantai !
2)      Lakukan persiapan perlengkapan kegiatan penjelajahan di hutan, sungai dan pantai !
b.   Uraian kerja
1)      Sebutkan 3 (tiga) macam prinsip dasar mempertahankan hidup di hutan, sungai dan pantai
2)      Sebutkan 3 (tiga) macam peralatan yang perlu disiapkan untuk penjelajahan di hutan, sungai dan pantai
c.    Pilihan ganda
dapat dilihat pada LKS penjas kelas IX/III semester Ganjil



Mengetahui
Kepala Sekolah





...........................................
Jayapura,  . . . . . . .
Guru Mata Pelajaran






Milton Waer
NIM. 0121140091



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                    Sekolah                       :  SMP
                                    Mata Pelajaran :  Pendidikan Jasmani
                                    Aspek                          :  Kesehatan
                                    Kelas/Semester            :  IX/Ganjil /Genap
                                    Alokasi Waktu            :  4 jam (2 x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi

     33. Menerapkan budaya hidup sehat

B.     Kompetensi Dasar


33.1 Menerapkan budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
33.2 Melakukan cara menghindari bahaya keba - karan
39.1 Melakukan identifikasi bahaya sex bebas
39..2 Menolak  budaya sex bebas

C.    Indikator


GANJIL

         Memahami bahaya merokok, miras dan narkoba.
         Melakukan pencegahan bahaya kebakaran (pencegahan terhadap
            penyebab, perlengkapan pemadam kebakaran)

GENAP
         Jenis penyakit kelamin (Gonorrhoea, syphilis, AIDS)
         Penyebab – penyakit
         Gejala penyakit
         Melakukan identifikasi penyebab bencana
         Penolakan terhadap penyakit sex (menghindari pergaulan bebas dan patuh
            terhadap norma-norma agama)


D.    Materi Pokok

·         Dasar-dasar Keterampilan Penjelajahan di hutan, sungai dan pantai
Catatan :   penentuan materi ini berdasarkan pilihan, sekolah, guru dan siswa dan bila perlu KOMITE dan orang tua murid dilibatkan

E.     Metode

       * Penugasan, Pendekatan CTL

F.     Sumber dan Media Pembelajaran


·         Media cetak
·         Media elektronik (TV, CD, dll)
·         Media lingkungan (mengundang atlit Nasional/Klub untuk memperagakan teknik-teknik dalam atletik/lompat/lempar)

G.    Strategi Pembelajaran

·         Pertemuan I dan II
¬  Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, dan pemanasan
¬  Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
¬  Melakukan prinsip-prinsip dasar mempertahankan hidup dalam kegiatan penjelajahan di hutan, sungai dan pantai
¬  Pendinginan, berbaris, tugas-tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdoa dan siswa dibubarkan

H.    Penilaian

1.      Jenis Tagihan
                          i.      Tes (Kuis, Tes Harian)
                        ii.      Non Tes (observasi, angket, wawancara, tugas terstruktur, proyek, portofolio)
2.   Bentuk Instrumen
·         Rubrik penilaian
3.   Butir Instrumen/Soal
a.   Unjuk kerja
3)      Lakukan prinsip-prinsip dasar mempertahankan hidup di hutan, sungai dan pantai !
4)      Lakukan persiapan perlengkapan kegiatan penjelajahan di hutan, sungai dan pantai !
b.   Uraian kerja
1)      Sebutkan 3 (tiga) macam prinsip dasar mempertahankan hidup di hutan, sungai dan pantai
2)      Sebutkan 3 (tiga) macam peralatan yang perlu disiapkan untuk penjelajahan di hutan, sungai dan pantai
c.    Pilihan ganda
dapat dilihat pada LKS penjas kelas IX/III semester Ganjil





Mengetahui
Kepala Sekolah





...........................................
Jayapura,  . . . . . . .
Guru Mata Pelajaran






Milton Waer
NIM. 0121140091

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENJELASAN TENTANG RETREAT

TATA IBADAH PERSEKUTUAN PEMUDA GEREJA PROTESTAN INDONESIA DI PAPUA

PROPOSAL BANTUAN STUDI AKHIR